Jumat, 17 Maret 2017

BENGONG DI MOTOR (1) - OUR OWN TIME ZONE


“...eh, motret buat acara tunangan kena berapa ya?”
“gue mau resign aja, dapet tawaran dari kantor A yang lumayan gajinya...”
“Nath, gue mau bikin bridal shower sebelum nikah nanti. Tempatnya di mana ya enaknya?”
“...ya ampun nak, udah gede ya sekarang. Udah ada calon?”




It took a while for me to think about it. Think about how time runs so fast, dan gue masih jalan di tempat, going nowhere, persis kayak lirik yang dinyanyiin The Beatles di lagu “Nowhere Man”.

Respon gue pasti selalu sama tiap denger kalimat-kalimat di atas, baik yang diucapin ke gue atau cuma curi denger obrolan orang lain.

“Lah, udah mao nikah aja dia...”
“Waduh, dia dapet tawaran bagus di perusahaan sebelah. Gue kapan ya?”

...Tapi begitu ditanya udah ada calon, kicep, bersenjatakan "doain aja ya".

Sebenernya gue bukan orang yang dikit-dikit galau sama masa depan. Mungkin karena pengaruh sekolah, gue dulu nganggep kalo hidup itu pasti udah tertarget yang mengacu sama umur buat achieving something. Semuanya serasa template buat gue. Misalnya kayak lulus tepat waktu, abis itu langsung dapet kerja tanpa harus nunggu lama, punya karir bagus sebelum nikah, dan nikah paling telat di umur 25. Nyokap guepun dulunya nikah muda, jadi bukan hal yang aneh kan saat gue- anak perempuan satu-satunya- punya cita-cita yang sama?

At that time, gue ngerasa hidup ya sesimpel itu, seteratur itu, dan ya emang begitu siklusnya.

At that time, gue ngerasa kalo lewat dari waktu yang ditentuin, means gue udah gagal. Mungkin rasanya sama kayak nggak naik kelas, atau ngulang mata kuliah di mana temen-temen udah ngambil SKS baru, atau masih nganggur padahal lulusnya udah lama.

At that time, gue nggak expect kalo makin dewasa hidup seseorang pasti makin ribet dengan segala drama, lemons, or anything else yang bikin lo belajar dan tertempa. Hidup nggak semulus kulit model hand body lotion. Nyatanya gue pernah ngulang mata kuliah yang gue kira bisa dilewatin dengan gampang. Skripsi revisi berkali-kali, baper pas dibentak atasan di perusahaan terdahulu trus mutusin cabut...

...And still single until now. Oh, I’ll be 28 this year btw.



Gue sempet ngerasa kalo “ini guenya yang salah atau gimana sih?”, “OMG my life sucks!”, dan pikiran-pikiran negatif lainnya yang ngeyakinin diri gue kalo I’m not on my track anymore, gue gagal nih. Tapi makin ke sini, gue makin kenal banyak orang dengan cerita mereka yang beda-beda, makin banyak denger kasus ini itu di lingkungan sendiri atau dari media, jadi makin tau kalo tiap orang punya cara dan masalah sendiri-sendiri dalam ngejalanin hidup, based on their own time zone. Dan nggak tepat waktu dalam ngelakuin sesuatu juga bukan berarti gagal.

When i was in college, beberapa temen gue udah beli kamera SLR buat nunjang mata kuliah fotografi jurnalistik, while i tried to convinced my dad to buy it but he refused cause it was too expensive. But now i think both are okay, karena akhirnya guepun bisa beli kamera di waktu yang tepat, di mana sampe sekarang gue masih ngejalanin hobi fotografi even it’s not my main job.

When i graduated college, beberapa temen gue udah dapet kerja dengan gaji yang gede, while i started my career from IDR20K per article (itupun kalo terbit). Now i think both are okay, karena guepun akhirnya dapet pekerjaan yang bagus juga di waktu yang tepat, berbekal ilmu yang gue dapet sebagai freelancer.

Terus gue keinget pernah baca satu artikel yang berisi soal perbandingan umur Barrack Obama yang udah pensiun dari kepresidenan USA di umur 55, sedangkan Donald Trump baru ngejabat sebagai presiden di umurnya yang ke-70. Again, both are okay because it’s only about time.

It makes me think, some people might seem to go AHEAD of us, dan mungkin ada juga beberapa orang yang kita pikir dia kok telat banget deh? Tapi balik lagi, kita harus inget kalo proses hidup semua orang nggak bisa dipatokkin sesuai sama proses hidup kita, begitupun sebaliknya. 

Jadi sebenernya kita nggak perlu ngebandingin hidup kita sama siapa-siapa, apalagi khawatir sama apa yang belum kita punya sedangkan orang lain udah dapetin lebih dulu. Ngedapetin sesuatu lebih dulu dari orang lain juga nggak bikin kita jadi superior kok, belum dapet juga nggak berarti kita payah dan patut dihina. Karena semua itu kembali ke usaha yang dilakuin masing-masing orang.

Daripada ngiri sama temen yang dapet kerjaan atau gaji yang lebih baik, kenapa kita nggak coba fokus ke diri sendiri buat ningkatin skill yang nantinya bisa kita ‘jual’ to get the same position or even higher? 

Daripada ngiri sama temen yang sebentar lagi lamaran atau nikah atau resepsi, kenapa kita nggak coba fokus buat ningkatin kualitas dan ‘memantaskan’ diri jadi yang lebih baik? Toh kita pengen dapet pasangan yang baik juga? Posisiin aja semisal kita harus nikahin diri sendiri, masih ada nggak yang bikin diri sendiri aja ilfeel atau pengen diubah saking nggak bisa diterimanya?

Daripada ngiri sama temen atau keluarga yang udah nimang buah hati, jadiin ini cambuk buat nyiapin diri jadi orangtua yang lebih baik. Just like death, rejeki juga udah diatur dan datengnya nggak bisa kita kira. So ready or not, we should prepare for it, right?

Ada quotes yang pernah gue baca dan ngena banget di gue sampe akhirnya bikin gue kepikiran terus di atas motor, bengong, dan berlanjut bikin tulisan ini:

"Because life is about waiting for the right moment. You’re not early, you’re not late. You are ON TIME in your own time zone.”


We all have our own time to act, seklise kalimat “semua akan indah pada waktunya”, dan emang begitu kenyataannya. Kalo belum indah, berarti belum waktunya. Kalo belum waktunya, ya nggak bakal indah. :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar