Sabtu, 09 September 2017

REVIEW: THE ORDINARY ALPHA LIPOIC ACID 5% + PRODUCTS GUIDE

Note: If you guys checking my blog via mobile, fotonya keliatan agak pecah. So, you better click the photos for the better quality.





Heyya!

Jadi kali ini gue pengen nge-review produk yang udah gue beli dari 1 bulan lalu. It's The Ordinary Alpha Lipoic Acid 5%. Sejak gue post di Instastories, banyak yang nanyain sebenernya apa sih fungsi dari si Alpha Lipoic Acid 5% ini, dan seberapa ngefek di kulit gue. Karena sejak muncul, brand The Ordinary ini digembar gemborin sebagai skin care yang affordable, berkonsep minimalis, tapi punya kualitas yang bagus banget.

Gue pernah baca di salah satu media yang ngewawancarain founder Deciem, induk perusahaan dari The Ordinary, Brandon Truaxe. Dia bilang kalo awalnya dia sebel banget ngeliat skin care yang dijual di pasaran terlalu mahal, padahal kandungannya juga nggak seberapa aktif, dan malah nambahin hal yang unnecessary, kayak fragrance (yang justru nggak bagus buat kulit), atau packaging yang fancy. Makanya semua produk Deciem kemasannya simpel-simpel banget, nggak banyak cingcong, tapi kandungannya bener-bener diutamain. Rather than named after the product like "anti aging" or "brightener", The Ordinary langsung ngelabelin semua produknya sesuai dengan kandungannya, kayak The Ordinary Alpha Lipoic Acid 5% ini.




Dari sekian banyak produk dari The Ordinary, why i choose Alpha Lipoic Acid 5%? Well, tadinya gue nggak begitu tertarik sama rangkaian skin care mereka, karena selain range-nya banyak banget, gue bingung sama nama-nama kandungan yang tercantum di tiap botolnya, kimia banget dan gue nggak yakin apa maksud dan gunanya buat kulit. Paling banter yang gue tau cuma Salicylic Acid, tapi karena gue udah punya obat jerawat jadi nggak gue telusuri lebih lanjut. Gue justru tertarik sama foundation-nya yang di-review banyak orang, dan katanya bagus banget. Dari sisi harga super murah tapi bisa ngedapetin hasil yang full coverage. Nah, pas gue lagi nyari-nyari info soal foundation-nya, gue nonton review salah satu beauty guru di YouTube, Wayne Goss, di video yang ngebahas soal produk-produknya The Ordinary. Di situ dia mention beberapa produk The Ordinary kesukaan dia, dan gue langsung tertarik nyoba begitu dia nyebut Alpha Lipoic Acid di urutan pertama dan produk yang paling dia suka di antara semuanya, plus penjelasan fungsinya yang gampang dimengerti buat orang awam. Dari situ gue langsung nyari tau soal si Alpha Lipoic Acid ini lebih lanjut di website The Ordinary.

Mengutip dari website-nya, The Ordinary Alpha Lipoic Acid ini adalah antioksidan aktif yang bekerja as an exfoliator buat memperbaharui kondisi kulit, mulai dari tekstur, kerutan, sampe tone warnanya. Formulanya nggak mengandung air, minyak, silikon, dan juga alkohol. Mereka ngeklaim kalo kandungan antioksidannya 40 ribu% lebih kuat dari vitamin C dan E, and give us a glow overnight cuma dalam satu kali pemakaian. So it's pretty potent, makanya menurut mereka orang-orang yang punya kulit sensitif nggak dianjurin buat pake Alpha Lipoic Acid 5% ini.






Nah, berhubung kondisi kulit gue juga lagi ancur banget pasca jerawatan parah terutama bekas-bekasnya yang susah banget diilangin, akhirnya gue beraniin diri buat nyoba. Menurut gue kemasannya juara banget, pake UV Protecting bottle dengan pipet buat ngambil isinya. Jadi selain higienis, kita bisa dapetin takaran yang pas per tetesnya. Karena kandungannya keras dan aktif banget, Alpha Lipoic Acid cuma boleh dipake maksimal 3 kali dalam seminggu, dengan takaran 2-3 tetes per pemakaian. Begitu dipake ke muka, rasanya kayak ada sensasi hangat-panas gitu, kayak pake minyak gosok. Awalnya gue kaget dan ngira kalo muka gue jadi sensitif gara-gara obat dokter, makanya langsung kayak kebakar gitu. Tapi ternyata pas gue browsing lagi, rasa panas yang gue rasain wajar dan ini tanda kalo kandungannya lagi bekerja di kulit kita. Karena gue ngerasa kayaknya kedikitan, pernah tuh pas hari ketiga gue coba-coba naikin dosisnya jadi 4-5 tetes, dan bener aja muka gue langsung jadi perih banget kayak kebakaran. Kapok banget deh, tapi gue akalin dengan ngegunain Alpha Lipoic Acid ini selang 2 hari. Jadi 2 hari pake, 2 hari istirahat, begitu seterusnya. Oiya, The Ordinary Alpha Lipoic Acid 5% ini juga cuma boleh dipake malem sebelum tidur karena kandungannya sensitif banget sama matahari. Abis pake ini, pagi harinya juga diwajibin buat pake sunblock. Gue lampirin progress pemakaian The Ordinary Alpha Lipoic Acid 5% selama 1 bulan di muka gue.






Tapi sayang klaim glow overnight mereka kayaknya nggak kebukti di kulit gue. Di hari pertama gue nggak ngerasain hasil apa-apa, kulit gue nggak lebih cerah dan juga nggak lebih halus. Tapi begitu masuk di hari kelima, gue mulai ngerasain perubahan dari tekstur dan tone kulit gue. So far setelah sebulan gue pake, yang paling keliatan adalah bekas jerawat gue yang tadinya cokelat tua sekarang udah mulai memudar. Kalo untuk halusnya gue cuma rasain di pagi hari waktu megang kulit gue pas wudhu subuh, abis itu kulit gue ya kayak biasa lagi, masih beruntusan tak berkesudahan.

But overall, produk ini cukup memuaskan gue, terutama noda-noda jerawat gue yang sekarang udah mulai ilang walaupun kalo dari segi tekstur dan cerah secara total sih belum keliatan banget. The Ordinary Alpha Lipoic Acid 5% ini juga menurut gue best buy skincare sih, kebayang nggak tuh berapa lama produk ini bisa awet? Ukurannya 30ml, pakenya seiprit-iprit, nggak tiap hari pula, dan harganya juga cuma Rp156 ribu per botol. Gue sih girang punya skincare macem begini, murah tapi efektif banget. Tapi karena kondisi kulit tiap orang berbeda-beda, gue saranin buat riset dulu di website mereka buat nemuin produk yang cocok, atau bisa juga liat rangkuman regimen-nya di sini. 

Buat yang nyari produknya, gue kemarin beli di House of Makeup dan harganya so far lebih murah dari olshop lain. Mereka juga ngebuka PO buat produk The Ordinary yang lain. Kalo PO, Alpha Lipoic Acid-nya jadi Rp 151 ribu, belum termasuk ongkir yang dipukul rata Rp 15 ribu. Gue ikutan PO foundation-nya dan Salicylic Acid 2% dari Juli lalu dengan estimasi 4 minggu udah sampe. Tapi sayangnya sampe sekarang dua produk itu belom sampe karena kena red line di bea cukai, padahal udah nggak sabar pengen nyoba. Hiks.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar