Minggu, 12 November 2017

REVIEW: PRADASARI LONG LASTING LIP MATTE CREAM 10 SHADES!

Note: If you guys checking my blog via mobile, warna fotonya emang keliatan lebih vibrant (kuning), jadi agak beda sama shade lipstik aslinya, fotonya juga agak pecah. So, you better click the photos to see the better quality.


Heyya!

Udah lama banget nggak nge-post di blog! Sebenernya produk yang mau gue review kali ini udah lama ada di tangan gue, udah lama difoto pula, tapi karena gue lagi males sibuk, jadi terpaksa post ini dan beberapa produk ketahan dulu.

Oke, kali ini gue bakal nge-review produk dari Pradasari, brand yang sebenernya udah lama banget eksis di dunia kosmetik Indonesia, tapi sayangnya nama brand ini kayak 'ilang' dari peredaran dan justru kalah sama pesaing-pesaingnya. Gue kayaknya udah tau brand ini dari zaman SD, gue tau kalo produk Pradasari ini ngejual lulur yang sering ada di supermarket. Tapi brand ini sempet samar-samar karena mirip banget, like...serupa tapi tak sama dengan brand Purbasari! Kita bisa liat sendiri dari kemiripan namanya "Pradasari-Purbasari", bedanya cuma Purbasari ada gambar Cleopatra di setiap produknya, sedangkan Pradasari cuma tulisan aja. Font-nya punnnnn, ahelah, PERSIS! Seakan-akan dulu cuma ada font itu doang di komputer hahahaha!

Kemiripan ini bikin gue kepo buat nyari sebenernya siapa duluan sih yang lahir dan eksis sebagai produk kecantikan? Because as we know, Purbasari justru sekarang jadi brand kosmetik lokal yang terkenal berkualitas bagus, tapi affordable. Salah satunya ya matte lipstick yang sempet booming di kalangan beauty blogger, yang sekarang juga udah ngerilis liquid lipstick.

Setelah buka kedua website-nya, ternyata kedua brand ini emang cukup jauh umurnya. Pradasari berdiri sejak tahun 1986 di bawah naungan PT. Pradasari Kimindo, sedangkan Purbasari didiriin 7 tahun setelahnya, yaitu tahun 1993 atas nama PT. Gloria Origita Cosmetics. Gue sih nggak tau ya apakah ada indikasi meng-copy kah? Tapi yang jelas keduanya emang mirip banget, and i don't know why ketenaran Pradasari jadi ketutup, padahal lahirnya lebih duluan.

Well, it's just some flash facts about these two brands. Tapi gue nggak pengen ngebahas itu lebih lanjut, karena kali ini gue bakal ngebahas tentang salah satu produk Pradasari yang gue dapet dari salah satu temen gue, Lambang. Denger-denger, Pradasari ini emang ada rencana buat re-branding dan salah satunya adalah dengan ikutan ngerilis liquid lipstick yang sampe sekarang masih banyak banget peminatnya. It's Pradasari Long Lasting Lip Matte Cream!






Bawah ke atas: A01 - A10


Gue dikirimin shades-nya lengkap, ada 10 warna Pradasari Long Lasting Lip Matte Cream. Penamaan shades Pradasari Long Lasting Lip Matte Cream juga menurut gue terlalu sederhana, karena cuma nambahin huruf A (A01-A10) di atas boksnya. Gue sempet shock juga sih pas nerima kesepuluh warna lipstik Pradasari Long Lasting Lip Matte Cream ini, soalnya jujur aja warna-warna yang dibuat mostly bener-bener mencolok alias gonjreng. Cuma ada beberapa warna yang kalem dan nude.

Kalo dari sisi kemasan sih mirip-mirip liquid lipstick pada umumnya, bentuk tabung panjang dengan tutup hitam dan list warna silver di deket mulut botol. Nah, aplikatornya menurut gue cukup enak buat ngaplikasiin. Walaupun agak kaku, tapi ujungnya pipih dan kemiringannya pas. Jadi kalo buat ngaplikasiin ke sudut-sudut bibir jadi nggak terlalu susah.

Buat formulanya, sebenernya gue in between antara suka dan nggak. Nggak sukanya karena waktu dipake, liquid lipstick ini ngeganggu karena baunya kimia banget. Sama sekali nggak ada fragrance yang at least bikin hidung gue happy, dan sayangnya bau kimia ini stay agak lama. Tapi yang gue suka banget adalah gimana lipstik ini set dari liquid ke matte. Pas awal pake, Pradasari Long Lasting Lip Matte Cream ini bentuknya lebih cair daripada liquid lipstick kebanyakan. Begitu udah selesai dipake, formulanya berubah jadi lebih solid, dan pas kering jadi ngasih sensasi a bit powdery, which is good karena nggak lengket sama sekali. Pigmentasinya juga bagus buat satu kali dip, cuma beberapa warna emang ada aja yang patchy begitu dipake. Tapi lipstik ini nggak transferproof, dan tetep gampang pudar kalo kita makan minum yang agak 'berat'. Ini swatch di bibir berurut dari A01 - A10.













Overall, banyak note yang harus di-improve Pradasari Long Lasting Lip Matte Cream buat ngejar tren liquid lipstick di pasaran, terutama ya kalo mau nama Pradasari kembali bangkit, at least sejajar sama saingannya. Yang pertama sih menurut gue dari segi warna yang masih terlalu 'jadul', i'm sorry to say, tapi pilihan warnanya kebanyakan menurut gue masih segmented banget, segmen Ibu-ibu tapinya. Yang kedua mungkin dari segi formulanya, mulai dari baunya sampe ketahanan di bibir. Kalo untuk transformasi dan ringannya sih menurut gue Pradasari Long Lasting Lip Matte Cream udah oke.

Oiya satu lagi, mungkin Pradasari harus banget re-branding dari semua aspek as soon as possible, mulai dari font, packaging, apapun yang berhubungan sama branding dan harus keliatan lebih modern. Siapa tau abis rebranding, semua produk Pradasari malah jadi lebih naik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar