Minggu, 12 November 2017

MY DISPOSABLE CAMERA GALLERY - THAILAND TRIP



Hey folks!

Tanggal 31 Oktober sampe 7 November kemaren gue dan temen gue, Meyrin, liburan satu minggu ke Thailand. Gue sebenernya emang udah lama banget pengen ke Bangkok buat dateng ke Chatuchak gara-gara pengen hunting sepatu bekas yang katanya murah banget. Tapi keinginan gue makin besar pas Meyrin nge-share link soal Eve And Boy, toko makeup sekelas Sephora yang cuma ada di Thailand. Dari situ, akhirnya gue dan dia mutusin buat cari tiket promo dengan berbekal duit ngepas buat booking tiket. Akhirnya kami beli 2 tiket promo, ke Bangkok dan ke Phuket.

Hari-hari menjelang keberangkatan, dua fotografer kantor gue, Dimas dan Arief, lagi suka-sukanya motret pake film. Tren motret analog dan film kayaknya emang lagi bangkit, plus disposable camera yang lagi sering banget dipake influencer buat foto pas mereka traveling ke luar negeri. Setiap ngobrol sama dua orang ini, ngeliat kamera yang mereka beli berkali-kali, ngeliat second account Instagram mereka yang dibikin khusus buat majang hasil develop film, bikin gue yang tadinya males buat coba film lagi akhirnya tertarik (you can check their photos here @arfilm &  @dimthesky ). Gue inget terakhir motret pake film kalo nggak salah zaman SMA, buat ikutan lomba yang dipajang di mading sekolah.

Awalnya gue nitip Dimas buat beli Fuji, tapi karena nggak ada di tempat dia biasa develop akhirnya gue dibeliin merk Agfa Photo Le Box ISO 400 - Outdoor dengan isi 24 exposure. Kira-kira begini penampakannya:







Kamera ini nggak banyak cingcong dan gampang dipakenya, tinggal kokang sampe mentok terus jepret. Nggak harus ngatur fokus lensa, yang selama ini jadi kendala gue kalo fokusin manual. Begitu udah selesai dipake dan di-develop, kamera ini nggak bisa dipake lagi. Namanya juga disposable, abis di-develop langsung buang.

Gue develop di Soup n Film di STC yang juga jadi langganannya Dimas sama Arip. Namanya juga newbie, gue ngebuntut aja ke tempat mereka biasa datengin. Buat develop di sana dikenain biaya sekitar Rp65 ribu, dan jadinya sekitar 3 harian. Setelah ngasih kameranya ke sana, mereka minta alamat email buat kirim hasil develop, kalo mau ambil negative film dan cangkang kameranya, gue harus balik ke sana sekitar 2 hari setelah hasil foto jadi.

Oke, langsung aja gue kasih liat hasil jepretan selama gue di Bangkok dan Phuket! I just love how it surprised me with the light leaks and red purple-ish tone! Love!














Di dalem bis, padahal terang lho aslinya.


Tapi nggak semua hasilnya sesuai harapan gue. Awalnya gue kira ISO 400 bakal beneran aman di cahaya yang terang walaupun indoor. Tapi ternyata sesuai namanya "Outdoor", walaupun keadaan asli ruangannya ada cahaya yang cukup terang, tapi ternyata tetep nggak bisa seterang kalo di luar. Jadi ya gelap banget kayak gini.


Ini di dalem Dasa Bookstore, padahal aslinya terang plus ada cahaya matahari dari jendela. But still~

Padahal udah usaha colongan buat foto di toko aksesori warna warni super gemes di Chatuchak ini. Kondisi ruangannya juga terang, tapi tetep hasilnya gelap karena indoor.

Seinget gue ini foto reclining Buddha di Wat Pho. Iya sih cahaya di dalem sana nggak seterang di luar. Tapi gue kira bakal ketangkep :(

Ini juga di dalem kuil yang ada di Wat Pho. See? Yang ketangkep cuma cahaya matahari, lampu, dan kilauan-kilauan barangnya aja.



Cuma ada 6 exposure yang gagal karena gelap kayak di atas. Sisanya aman banget, terutama waktu gue foto dari jendela pesawat, island hoping di Phuket, dan pas stay di airport.












Setelah ngerasain lagi pake kamera film setelah kurang lebih 10 tahun terlupa karena ngegunain kamera digital baik itu handphone, pocket, dan DSLR, rasanya campur aduk dan banyak banget hal yang gue dapetin.

1. Gue jadi bener-bener mikirin tiap kali mau jepret, nggak asal foto tanpa ngerasain angle-nya cocok apa nggak, oke apa nggak.

2. Karena ini foto pas traveling, gue jadi ngehargain banget setiap momen yang gue lewatin. Gue harus ngerasain semua keadaan, lebih aware, karena bisa jadi momen itu pas banget buat gue jepret dan cuma kejadian saat itu aja.

3. Kalo selama ini gue bisa langsung liat hasil foto, bahkan ngedit saat itu juga, motret pake film bikin gue jadi lebih sabar dan ngehargain proses. Soalnya buat nge-develop pun gue harus dateng ke studionya, nyiapin uang yang nggak sedikit, dan harus nunggu lagi sekitar 2-7 hari sampe hasilnya jadi. Kedengerannya ribet dan lama, but again, rasa seneng dari surprise yang didapet sebanding banget kok.


Kalo udah begini, fix sih gue keracunan disposable camera. HAHA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar